Berita
Usai Ujian sekolah Berbasis Komputer, 248 Siswa Kelas III SMATER Wajib Paparkan Karya Tulis Ilmiah

Ditulis tanggal 17 Apr 2021 13:33:30


Setelah mengikuti ujian sekolah berbasis komputer (USBK), 248 siswa SMAK Frateran (SMATER) Maumere sejak, Kamis (15/4/2021) pagi sampai tanggal 30 April 2021 mendatang akan memaparkan karya tulis ilmiah (KTI) di depan Tim Penguji.

Para siswa yang memaparkan KTI adalah siswa kelas III yang telah mengikuti ujian akhir sekolah (UAS). Namun syarat para siswa dinyatakan lulus harus memaparkan hasil penelitiannya dan dibuat dalam KTI.

KTI itu lalu dipaparkan di depan tim penguji guna diberi nilai.

Setelah pemaparan peserta harus memperbaikki KTI lalu dimasukan ke sekolah.

“Pada hari pertama, Kamis (15/4/2021) ada dua siswa yang sudah memaparkan KTI di depan tim penguji. Dua siswa yang memaparkan KTI pada hari pertama diuji oleh Penguji 1, Kristoforus Igo,S.Pd, Penguji 2 Almariana Sensiana, S.Pd dan Penguji 3, Adeodatus Ghuthelmus, S.Sos. Presentasi KTI siswa yang sudah mengikuti UAS ini wajib diikuti semua siswa kelas tiga. Ini sebagai persyaratan penilaian kelulusan siswa tahun ajaran 2020/2021,” katata Kepala Sekolah SMATER, Fr. M.Pascahlis, BHK kepada POS-KUPANG.COM di ruang kerjanya,Kamis (15/4/2021) siang.

Ia menjelaskan, jadwal pemaparan KTI telah ditetapkan dari tanggal 15 April sampai 30 April 2021.

“Siswa yang sudah siapkan KTI tinggal melapor ke bagian kurikulum lalu diuji tim penguji. Kami menguji hasil KTI secara online dan tatap muka dengan memperhatikan protokol kesehatan. Kalau ada yang mau di rumah kami siapkan secara online. Kalau ada mau ke sekolah kami sudah atur tempatnya. Kami akan tunggu para siswa agar mempresentasikan KTI,” papar Paschalis.

Ia mengatakan, semua siswa yang mempresentasikan KTI sebagai persyaratan penilaian kelulusan telah diberitahu sejak Oktober 2020 dan orangtua pun sudah disampaikan soal persyaratan kelulusan siswa harus memaparkan KTI.

“Semua telah disosialisasikan dan orangtua setuju apa yang dilakukan sekolah. Perlu kami tegaskan kalau ada yang belum mempresentasikan KTI maka akan diberikan kesempatan dan bagi yang tidak lulus juga diberikan kesempatan  mengikuti presentasi susulan. Jadi perlu kami sampaikan siswa SMATER yang mengikuti ujian tahun ini syarat agar lulus SMA harus mengikuti UAS dan memaparkan hasil KTI di depan tim penguji,” papar Paschalis.

Namun ia yakin kalau semua siswa bisa mempresentasikan KTI dengan baik dan tepat waktu.(ris)



Artikel ini telah tayang di pos-kupang.com dengan judul Usai Ujian sekolah Berbasis Komputer, 248 Siswa Kelas III SMATER Wajib Paparkan Karya Tulis Ilmiah
Penulis: Aris Ninu
Editor: Ferry Ndoen


Berita Lainnya