Berita
Raih Penghargaan Produktivitas Karya Buku Terbanyak Di Indonesia, Siswi Spater Maumere Jadi Duta Literasi Nasional

Ditulis tanggal 17 Mei 2022 22:23:28


Siswi Kelas VIII SMPK Frater (Spater) Maumere, Jessica Cheryl Hartono meraih penghargaan sebagai penulis buku terbaik  I  Nasional/Indonesia untuk kategori  produktivitas berkarya dengan berhasil menulis lima buku fiksi dalam dua tahun terakhir. Atas prestasinya ini, sekaligus mendaulatkan Siswi Spater Maumere itu menjadi Duta Literasi Nasional.

Prestasi yang diraih Jessica ini juga mendapatkan apresiasi dan penghargaan dari pihak penyelenggara Nyalanesia yang kerdedudukan di Solo, Jawa Tengah dengan memberikan hadia piala, uang pembinaan Rp3 juta, plakat, selempang kepada Jessica.

Selain Jessica, salah seorang guru Spater Maumere atas nama Carlos Toulwala, S.Pd  juga  masuk 30 nominasi nasional dan berhak mendapatkan piagam dan plakat dari pihak Nyalenesia untuk kategori yang sama.Secara lembaga SMPK Frater Maumere juga meraih juara II untuk kategori Sekolah Aktif Literasi Nasional dari 50 nominator.

Pihak Nyalanesia melalui Pengurus SPL-Nyalanesia, Adrianus Bareng, S.Pd  menyerahkan hadiah kepada Jessica Cheryl Hartono, kepada Guru Carlos Toulwala, S.Pd dan kepada Kasek SMPK Frater Maumere, Fr. Herman Yoseph, S.Pd yang berlangsung di lembaga Spater Maumere, Selasa (17/5/2022).

Perwakilan Nyalanesia  Adrianus Bareng, S.Pd dalam sambutannya menjelaskan  bahwa ajang Lomba ini diikuti oleh semua kalangan di Indonesia, baik profesor, doktor, mahasiswa, guru, dan kalangan masyarakat lainnya.

“Sebagaimana juara I untuk kategori   produktivitas berkarya adalah Siswi Kelas VIII Spater Maumere atas nama Jessica  Cheryl Hartono. Jessica menyisihkan profesor, doktor, termasuk para guru. Saya juga ikut ajang ini, tetapi tidak masuk dalam nominasi, apalagi keluarga sebagai juara. Prestasi yang diraih oleh Jessica ini sangat luar biasa,” kata Adrianus Bareng, S.Pd yang juga penggerak Literasi SMPK Frater Maumere.

Adrianus Bareng mewakili Nyalanesia menyampaikan profisiat kepada Jessica, Guru Carlos Toulwala,   S.Pd; Kasek SMPK Frater Maumere, Fr. Herman Yoseph, BHK, dan SMPK Frater Maumere yang telah mengukir prestasi gemilang di bidang literasi. “Pihak Nyalanesia menyampaikan profisiat atas prestasi yang telah diraih ini, seraya berharap agar ke depan Spater Maumere terus mengukir prestasi serupa,” katanya.

 Bangga Harumkan Nama Sekolah di Tingkat Nasional

Peraih Juara I Nasional, Jessica Cheryl Hartono dalam sepata kata dua saat didaulat untuk menyampaikan testimoni di hadapan para guru dan siswa Spater antara lain mengaku bangga karena bisa mengharumkan nama sekolah di Tingkat Nasional di bidang literasi.

Jessica menyampaikan terima kasih kepada Kasek Spater, Pembimbing Literasi Guru Adrianus Bareng, S.Pd, para guru Spater serta semua pihak yang telah memotivasi dirinya untuk menulis lima buku.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada Kasek Spater, Guru Pembimbing saya Pak Adrianus Bareng,para guru Spater,  orang tua, dan siapa saja yang telah memotivasi saya hingga akhirnya saya bisa meraih prestasi tingkat nasional, dan mendapatkan juara I untuk kategori produktivitas berkarya, mendapatkan Adi Acarya Award, dan sekaligus menjadi Duta Literasi Nasional. Semoga tugas baru yang diemban kepada saya ini bisa saya laksanakan sebaik-baiknya, semoga ke depannya lebih baik lagi,” kata Jessica.

Jessica mengajak para siswa Spater Maumere lainnya, untuk terus memajukan literasi, memajukan pendidikan, dan gemar menulis buku. “Marilah kita berbicara melalui literasi, membawa negara kita tercinta-Indonesia supaya maju di bidang literasi maupun pendidikan lainnya,” kata Jessica.

Sementara Nyonya drg. Maria Gunawan__Ibunda Jessica dalam sepata kata dua di hadapan para siswa Spater Maumere mengsharingkan Jessica kecil yang selalu gemar membaca buku sejarah, komik, novel, dan buku cerita lainnya, serta meluangkan waktu untuk menonton film animasi.

“Awalnya, Jessica kurang suka menulis cerpen. Setelah mendapatkan banyak bimbingan, motivasi dan dorongan dari Pak Adrianus Bareng, juga kami selaku orang tua, akhirnya Jessica bisa menghasilkan karya cerpen dan novel,” kata drg. Maria Gunawan.

Nyonya Maria Gunawan memotivasi para siswa Spater Maumere untuk berani mencoba menulis dan jangan pernah menyerah. “Mungkin pada awalnya kita akan mengalami kesulitan, tetapi apabila kita tetap tekun dan semangat, kita semua pasti bisa. Kembangkan talenta kalian,raihlah cita-citamu. Selagi masih muda, berkaryalah sebanyak-banyaknya. Salah satunya melalui literasi ini. Dengan mengembangkan literasi ini, kita ikut memajukan negara kita, Indonesia di mata dunia,” kata drg. Maria Gunawan.

Ayanda Jessica, Nur Hadi, S.T., M.IT pada kesempatan ini mengimbau para siswa untuk memanfaatkan handphone (HP) sebagai media memajukan literasi dengan mengakses bacaan yang bermutu, dan menuangkan tulisan setiap hari di media sosial, khususnya facebook. “Mari kita memulai menulis di laman facebook kita. Kalau setiap hari kita rajin menulis, maka dalam satu bulan atau satu tahun kita bisa menghasilkan satu buku,” kata Nur Hadi.

Apresiasi

Kasek SMPK Frater Maumere, Fr. M. Herman Yoseph, BHK, S.Pd dalam sambutannya antara lain menyampaikan apresiasi atas prestasi yang diraih siswi Kelas VIII Jessica Cheryl Hartono yang meraih juara I nasional untuk kategori  produktivitas berkarya. “Saya menyampaikan apresiasi yang tinggi atas prestasi yang diraih Jessica yang keluar sebagai Juara I tingkat nasional. Apresiasi yang sama atas penghargaan yang diraih salah seorang Guru Spater atas  nama Bapak Carlos Toulwala, S.Pd yang masuk nominasi 30 besar nasional untuk kategori yang sama, dan prestasi Juara II yang diraih SMPK Frater dari 50 nominasi kategori Sekolah Aktif Literasi Nasional,” kata Kasek Spater Herman Yoseph, BHK.

Guru Spater yang masuk nominasi 30 besar peraih penghargaan karya terbanyak, Carlos Toulwala, S.Pd kepada media ini di sela-sela acara penyerahan hadiah menyatakan kebanggaannya atas komitmen semua komponen Spater Maumere dalam upaya memajukan literasi di lembaga itu, dan yang telah mengharumkan nama sekolah di ajang nasional dengan meraih penghargaan terbaik 1 yang diraih Siswa Jessica dan penghargaan karya bukunya yang masuk nominasi 30 besar nasional.“Semua prestasi yang diraih ini tercapai berkat komitmen bersama kita dalam memajukan literasi di Spater Maumere,” kata Carlos Toulwala.

 

Artikel ini telah tayang di Pojokbebas.com dengan judul Raih Penghargaan Produktivitas Karya Buku Terbanyak Di Indonesia, Siswi Spater Maumere Jadi Duta Literasi Nasional.


Berita Lainnya