Berita
Serah Terima Jabatan SDK Xaverius 2 Palembang

Ditulis tanggal 30 Jun 2022 11:04:14


Pergantian jabatan merupakan hal yang wajar dalam sebuah lembaga, terlebih demi penyegaran di Yayasan Mardi Wiyata sub Perwakilan Palembang utamanya SDK Frater Xaverius 2 Palembang. Pada hari Rabu (29/6/2022) bertempat di aula Frateran Santo Andreas Jln Jend Sudirman 128 Palembang dilakukan serah terima jabatan dan pelantikan kepala Sekolah dari Frater M Inocentius BHK yang sudah menjabat Kepala Sekolah di SD Xaverius 2 Palembang sekitar tiga tahun karena dipindahtugaskan oleh kongregasi ke SMP Angelus Custos Surabaya Jawa Timur dan selanjutnya mulai tahun Pelajaran 2022/2023 digantikan oleh Dra Ana Yohana yang merupakan guru senior di SD Xaverius 2 Palembang.
Serah terima jabatan dan pelantikan dilakukan langsung oleh Ketua Yayasan Mardi Wiyata pusat dari Malang Jatim Fr. M. Policarpus BHK. SE, MP.d, Hadir pula Fr. M. Kardinus, BHK, Fr M. Damianus, BHK, Fr.M. Faustianus Banusu BHK, M.Pd, Fr. Hironimus BHK, Pengurus komite Sekolah BPK Thomas, segenap dewan guru SD XAVERIUS 2 dan SMP XAVERIUS 1 Palembang.

Keberadaan SD Xaverius 2 Palembang telah ada sejakl 23 September 1936, didirikan oleh Frater Emmanuel BHK misionaris Belanda letaknya di Lorong Landrat, jalan Talang Jawa No. 4 atau sekarang jalan Kolonel Atmo No. 4 Palembang. Selanjutnya pada tanggal 5 Mei 1947 ditandatangani akte berdirinya sekolah Rakyat oleh Bapak Walikota Palembang dan R.I. Soediropranoto. Oleh karena itu pada tanggal 5 Mei 1947 dianggap sebagai hari berdirinya SDK Frater Xaverius 2 Palembang. Dan tahun ini genap merayakan ulangtahun ke – 75.

Dalam sambutannya Fr M Innocentius BHK yang selama 3 tahun sebagai kepala sekolah mengatakan bahwa harus dipahami bahwa satuan pendidikan bukan merupakan organisasi yang statis tetapi organisasi yang dinasmis sehingga tuntutan penyesuaian terhadap perkembangan dan perubahan jaman baik secara internal maupun eksternal mutlak dilakukan, terlebih saat ni dengan adanya perubahan Implementasi Kurikulum Merdeka belajar .

Fr. M. Policarpus, BHK, SE, M.Pd mengatakan perubahan paradigma penyelenggaraan satuan pendidikan sebagai akibat terjadinya transformasi nilai perubahan,tatanan kehidupan masyarakat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi maka diperlukan pimpinan khususnya kepala sekolah yang berkualitas berkinerja tinggi ,memiliki wawasan pengetahuan yang luas dan mampu beradaptasi dengan perubahan ,dinasmis dalam pemikiran dan memiliki visi yang jauh kedepan dalam semangat inovati. pendidikan yang kita laksanakan saat ini harus mampu mempersiapkan anak didik yang tidak saja menguasai ilmupengetahuan dan teknologi tetapi juga harus memiliki karakter yang tangguh. Saat ini Yayasan Mardi Wiyata yang tersebar di Indonesia, pada tahun ajaran 2022/2023 terdapat mutasi pada 13 satuan pendidikan seperti di Palembang, Malang, Surabaya, Podor, Ndao dll .

Untuk ibu Ana Yohana telah dilakukan test asesment terlebih dahulu sehingga diangkat sebagai Kepala SD XAVERIUS 2 PALEMBANG. Maka sebagai pelaku pendidikan yang merupakan garda terdepan bagi guru, kepala sekolah, orang tua dan masyarakat harus bisa bekerja sama secara harmonis dengan menciptakan lingkungan pendidikan yang nyaman agar semua proses belajar mengajar dapat berjalan sebagaimana yang diharapkan guna menciptakan sumber daya manusia peserta didik yang cerdas,kompetitif,terampil dan berkarateristik dengan berlandaskan nilai nilai pancasila” ucap Fr Policarpus.

Artikel ini telah tayang di mediasumatera.id dengan judul "Ana Yohana Dilantik Kepala SD Xaverius 2 Palembang"


Berita Lainnya