SEKOLAH Unit Kerja : SMP KATOLIK ANGELUS CUSTOS 2 SURABAYA @ Yayasan Mardi Wiyata


SEKOLAH
SMP KATOLIK ANGELUS CUSTOS 2 SURABAYA


SEJARAH SINGKAT SMPK ANGELUS CUSTOS 2 SURABAYA:
          Menjelang tahun 1990 an SMP Katolik Angelus Custos yang beralamat di Jl Niaga dalam 5 sungguh menjadi sekolah yang berkembang dan diminati masyarakat. Hampir tiap tahun pendaftaran siswa baru di SMPK Angelus Custos selalu membeludak. Hal itu memunculkan ide dari kepala sekolah yang saat itu dijabat oleh alm. Fr. M. Paulino, BHK untuk mencari jalan agar para calon siswa SMPK ANGELUS CUSTOS bisa tertampung.
          Selain fakta banyaknya calon siswa yang tak tertampung di SMPK ANGELUS CUSTOS waktu itu alm. Fr. M. Paulino, BHK juga menginginkan mempunyai lahan sekolah yang dapat menampung anak-anak yang kurang mampu untuk bersekolah di sekolah Katolik, agar mereka tetap dapat menikmati sekolah bagus tapi ringan pembiayaan.
          Ide cemerlang itu kemudian diungkapkan para anggota BP 2 SMPK ANGELUS CUSTOS yang pada waktu itu diketuai oleh Bapak Ir. Robby Gunawan. Dalam pertemuan BP 2 di SMPK ANGELUS CUSTOS, tokoh-tokoh BP 2 akhirnya menyetujui rencana Fr. M. Paulino, BHK. Kemudian ditentukan wilayah Surabaya Barat dengan pertumbuhan lingkungan perumahan sangat menjanjikan. Kebetulan salah seorang dari BP 2 saat itu mengenal seorang tokoh masyarakat yaitu Bapak Stanis Subakir yang menjadi pengelola kebun binatang Surabaya dan mempunyai lahan yang cukup luas di daerah Surabaya Barat. Memang tokoh Bapak Stanis Subakir adalah orang yang sangat disegani baik di pemerintahan maupun di masyarakat.
          Setelah kontak pribadi dengan Bapak Stanis Subakir maka disepakati untuk mengadakan pertemuan membicarakan ide cemerlang dari Fr. M. Paulino, BHK . Bersama BP 2, Bapak Robby Gunawan, Fr. M. Paulino BHK, Bapak Stanis Subakir dan Bapak Mayor Laut Subadri maka terjadilah kesepakatan untuk pembelian tanah di wilayah Kebraon, Kecamatan Karangpilang. Tanah yang cukup luas tersebut demi untuk kepentingan sosial Gereja, lebih banyak dihibahkan dari pada dijual. Maka penjualan hanya dengan harga tak lebih dari Rp. 5.000,- per meter perseginya. Maka jadilah di daerah kelurahan Kebraon Kecamatan Karangpilang Surabaya sebuah lahan yang siap digunakan untuk fasilitas sekolah, yang nantinya akan diberi nama Sekolah Menengah Pertama Katolik “ Angelus Custos 2 ”.
          Pembangunan dimulai. Dengan dana dari para donatur, yang dipelopori oleh BP 2 dimulailah dengan peletakan batu pertama oleh Superior Para Frater Bunda Hati Kudus yang pada waktu itu dijabat oleh Fr. M. Wilfried Van der Poll, BHK pada tanggal 30 Maret 1991. Pembangunan masih berlangsung sementara kegiatan belajar mengajar tahun ajaran 1991-1992 sudah mulai, maka calon siswa SMPK ANGELUS CUSTOS 2 pun tetap diterima. Dengan jumlah 25 siswa dilaksanakan kegiatan belajar mengajar di SMPK “Angelus Custos 2”, untuk sementara meminjam tempat belajar di SMA Katolik St. Yusup Karangpilang dan para siswa harus masuk siang, setelah kegiatan belajar mengajar di SMAK St Yusup berakhir.
          Dengan bantuan beberapa guru dari SMPK ANGELUS CUSTOS yang ditugaskan untuk menjadi pengajar di SMPK ANGELUS CUSTOS 2 maka berlangsung proses belajar mengajar di SMPK ANGELUS CUSTOS . Bulan November 1991, beberapa ruang inti dari gedung sekolah ( pembangunan tahap I ) sudah berdiri dan sudah bisa digunakan. Maka pada tanggl 9 November 1991, gedung SMPK ANGELUS CUSTOS 2 diresmikan penggunaanya oleh Wali Kota Surabaya Bpk. Dr H. Poernomo Kasidi.
          Dengan motto Pendiri : ”SEMOGA DARI GEDUNG INI AKAN LAHIR PAHLAWAN-PAHLAWAN PEMBANGUNAN DEMI KEJAYAAN INDONESIA TERCINTA” maka dimulailah kegiatan belajar mengajar di gedung baru SMPK ANGELUS CUSTOS 2 dengan kepala sekolah Bapak. Drs. Frans Kloatubun bersama para guru yang semua masih bertugas juga di SMPK ANGELUS CUSTOS. Kurang lebih 1 tahun kemudian saat semua ruang gedung sudah selesai termasuk tahap III yaitu aula dan ruang perpustakaan maka gedungpun diberkati oleh pastor paroki St. Yusup Karangpilang yaitu Rm. Alexius Ate, Pr.
          Hari terus berganti, kegiatan sekolah terus berlangsung dengan perkembangan yang cukup menggembirakan. Dari tahun ke tahun siswapun makin bertambah dan dapat dibanggakan karena mulai angkatan pertama semenjak SMPK ANGELUS CUSTOS 2 berdiri dalam setiap kelulusan ujian nasional selalu ada yang menjadi peringkat 1 di wilayah Karangpilang
Saat ini keberadaan SMPK ANGELUS CUSTOS 2 sudah berusia 17 tahun. Selama 17 tahun keberadaan SMPK ANGELUS CUSTOS 2 telah memiliki fasilitas ruang yang lengkap untuk kegiatan belajar mengajar dengan jumlah guru dan karyawan mencapai 34 orang. SMPK ANGELUS CUSTOS 2 sudah mengalami pergantian pemimpin lima kali, yaitu :

Tahun 1991-1992 : Frater. M. Paulino,BHK
Tahun 1992-1995 : Bapak Frans.X. Kloatubun
Tahun 1995-1999 : Frater M. Dominikus, BHK
Tahun 1999-2001 : Bapak Titus Poto, BA
Tahun 2001-2004 : Bapak Drs. Antonius P.W.R.
Tahun 2004-2011 : Bapak Drs Mukin Wilhelmus
Tahun 2011-2013 : Fr. M. Vinsensius Maksi John, BHK, S.Pd
Tahun 2013-2019 : Fr. M. Vinsensius Tnopo, BHK, S.Pd
Tahun 2019-.... : Fr. M. Arnoldus, BHK

          SMPK ANGELUS CUSTOS 2 terus berupaya melanjutkan dan merealisasikan cita-cita pendiri untuk membentuk pahlawan-pahlawan pembangunan demi kejayaan Indonesia tercinta. Hingga saat ini SMPK ANGELUS CUSTOS 2 telah banyak meraih kejuaraan dalam berbagai lomba yang diadakan oleh sekolah lain maupun masyarakat sekitar.


JL. KEBRAON WIDYA II NO. 15-17 KEBRAON KARANG PILANG Kebraon, Karangpilang
Kota Surabaya, Jawa Timur (60222)

P: +62317662763

E: smpkac2@yahoo.co.id

U: http://smpkac2sby.sch.id/