SEKOLAH Unit Kerja : SMAS ST.THOMAS AQUINAS WEETEBULA SUMBA BARAT DAYA @ Yayasan Mardi Wiyata


SEKOLAH
SMAS ST.THOMAS AQUINAS WEETEBULA SUMBA BARAT DAYA


          Pada masa sebelum pendirian SMAK St. Thomas Aquinas Weetebula ( sampai dengan tahun 1996 ) kondisi pendidikan ( Persekolahan ) di Sumba masih sangat memprihatinkan, baik dari segi jumlah maupun dari segi kualitas. Saat itu hanya ada dua Sekolah Swasta yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan katolik, yaitu SMAK Andaluri di Sumba Timur dan SPG St. Alfonsus di Weetebula Sumba Barat. Berselang beberapa tahun kemudian muncullah kebijakan pemerintah yang mengalihkan fungsi SPG menjadi SMA dan Sekolah Kejuruan lainnya.
          Atas dasar itulah maka Mgr. G. Kherubim Pareira, SVD selaku Uskup di Keuskupan Weetebula saat itu memprakarsai pendirian SMAK St.Thomas Aquinas Weetebula yang didukung sepenuhnya oleh Yayasan Pendidikan Nusa Cendana ( YAPNUSDA ). Disamping itu, Uskup menilai bahwa Weetebula sebagai pusat keuskupan belum memiliki lembaga pendidikan para seminaris, sehingga Uskup sangat antusias untuk mendirikan sekolah tersebut.
SMA Katolik St. Thomas Aquinas didirikan dengan tujuan :
1.  Sebagai tempat pembinaan dan pendidikan putera-puteri Sumba yang mengedepankan mutu.
2.  Sebagai tempat pembinaan dan pendidikan para calon seminaris.
3.  Sebagai tempat pembinaan dan pengkaderan calon pemimpin.
4.  Sebagai sekolah pengganti SPG karena ditutup saat itu.
          YAPNUSDA mengajukan permohonan ijin operasional ke DIKMENUM, tetapi sebelum ijin operasional tersebut dikeluarkan oleh DIKMENUM, Pemerintah Kabupaten Sumba Barat telah meresmikan pendirian SMAK St. Thomas Aquinas pada tanggal 15 Juli 1997. Dengan demikian kegiatan proses belajar mengajar mulai berlangsung pada tanggal 18 Juli 1997 dengan menggunakan gedung SEKPAS Keuskupan Weetebula ( gedung SPG ).
          Sejak berdirinya SMAK St. Thomas Aquinas sampai dengan sekarang, sekolah ini telah dikelola oleh tiga Yayasan pendidikan yang secara berturut-turut :

1.  Dari tahun 1985 sampai dengan 15 Juni 1995, sekolah ini dikelola oleh Yayasan Pendidikan Nusa Cendana / YAPNUSDA. Pada tahun 1992 sampai dengan tahun 1995 YAPNUSDA memberikan kewenangan kepada keuskupan Weetebula untuk pengelolaan secara intern.

2.  Dari 16 Juni 1995 sampai dengan 1 September 1996, sekolah ini dikelola oleh Yayasan Pendidikan Sinar Buana dengan alasan, karena secara finansial YAPNUSDA tidak mampu lagi membiayai sekolah dan gaji guru.

3. Dari tanggal 1 September 1996 sampai dengan sekarang, sekolah ini dikelola oleh Yayasan Mardi Wiyata di bawah naungan Kongregasi Bunda Hati Kudus.


Jln. Bukit Sunyi Weetebula Langga Lero, Kota Tambolaka
Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT) (87255)

P: +62387-24024