Berita
SMPK FRATER MAUMERE AKTIF SEBAGAI SEKOLAH LITERASI NASIONAL

Ditulis tanggal 13 Feb 2021 11:04:00


SMPK Frater Maumere menjadi salah satu sekolah di Indonesia yang aktif sebagai sekolah literasi. Sebagi sekolah yang aktif literasi maka Gerakan Menulis Buku Indonesia (GMB) melalui perwakilanny di Sikka memberikan bantuan berupa Buku Antologi Cerpen Siswa sebanyak 150 eks, Plakat Sekolah Aktif Literasi Nasional, Piagam Sekolah Aktif Literasi Nasional, Piagam Kepala Sekolah Aktif Literasi Nasional, PIN GMB dan Baliho Literasi.

Yang mana bantuan itu diserahkan Ardianus Bareng mewakili Gerakan Menulis Buku Indonesia (GMB) Sikka kepada Kepala Sekolah SMPK FRATER MAUMERE, Fr.M.Herman Yoseph, BHK di sekolah itu, Kamis (11/2/2021) pagi. Hadir saat penyerahan bantuan para guru Sekolah SMPK FRATER MAUMERE, Adrianus Bareng selaku Sosialisator Program Literasi Nasional 2020 mewakili GMB saat penyerahan mengatakan,  dirinya selaku perwakilan GMB di Sikka saat penyerahan memberikan penghargaan kepada 10 guru SMPK Frater Maumere yang ikut menulis di GMB berupa puisi antara lain Policarpus Pada, Gabriela Dua Gkeko, Ananstasia Andasi, Antonius Genang, Asgarius Aga, Karolus Dolu Toulwala, Adalbertus Togo Lado, Frater Dismas BHK dan Yasinta.M Dhapa "Saya sendiri juga mendapat penghargaan dari GMB karena aktif menulis," papar Ardianus.

Kepala Sekolah SMPK Frater Maumere, Fr.M.Herman Yoseph, BHK dalam sambutannya mengatakan, literasi sangat penting untuk meningkatkan mutu sebuah lembaga pendidikan.

"Maka pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI mengajak semua sekolah terutama guru, siswa dan pegawai untuk senantiasa membaca dan menulis," kata Herman.

Ia mengungkapkan, tugas memotivasi membaca menjadi tanggungjawab bersama bukan hanya guru penggerak literasi tetapi semua komponen yang ada dalam sekolah ini.

"Sekolah kita sudah mempunyai program literasi membaca 15 menit sebelum KBM tapi belum lengkap kalau tidak dibarengi dengan tulis menulis.Momen penyerahan fasilitas oleh GMB Indonesia memacu kita untuk terus bergerak memajukan literasi di SMPK Frater ini. Terima kasih kepada Pak Ardi Bareng selaku ketua tenaga literasi SMPK Frater sekaligus Sosialisator Program Literasi Nasional yang telah membawa warna baru literasi bagi sekolah ini.Kita semua diharapkan sama-sama bergerak agar kemajuan literasi di sekolah kita makin hari makin baik. Proficiat kepada para guru yang sudah terlibat langsung dengan mengirimkan karya berupa puisi yang akan diterbitkan di GMB dalam waktu dekat dicetak oleh GMB," papar Herman.

Adrianus Bareng, Ketua Tenaga Literasi SMPK Frater Mumere dan SPL Nasional 2020 dalam sambutannya tugas tenaga literasi sekolah memfasilitasi dan mengeduksi semua warga sekolah untuk membaca dan menulis.

"Siapa pun bisa menjadi penggerak literasi.Kita sebagai guru harus menjadi penggerak bagi siswa. Tahun 2020 ketika bergabung dengan GMB, kita telah berhasil memotivasi 95 penulis menghasilkan karya.Jumlah karya 50 cerita pendek dan 85 puisi.Total 135 karya.Bagi saya ini sebuah hasil spektakuler bagi SMPK Frater Maumere yang didukung penuh oleh semua warga sekolah," kata Ardianus.

 penyerahan piagam penghargaan dari GMB

Ia mengungkapkan, tahun 2021 dalam rencana akan ditingkatkab baik penulis maupun karya yang dihasilkan.Tahun 2021 rencana 300 penulis dengan total karya 500 yang siap diterbitkn jadi buku.

"Kabar gembira tahun ini ada 2 siswa yang sudah memberikan naskah cerpen untuk diterbitkan jadi buku.Sehingga setiap tahun makin banyak guru dan siswa yang bisa menerbitkan bukunya di GMB..Mohon dukungan dan solid agar rencana menuju sekolah model literasi bisa tercapai.Mari bergerak untuk merancang bersama peta jalan literasi di lembaga ini.Kepada masyarakat kabupaten Sikka mari daftarkan anak ke SMPK Frater tahun 2021/2022. Bakat dan kemampuan anak siap kami bimbing mejadi penulis yang karyanya bisa terbit atau masuk antologi buku," paparnya.(ris)

Artikel ini telah tayang di pos-kupang.com dengan judul Aktif Sebagai Sekolah Literasi Nasional, SMPK Frater Maumere Dapat Bantuan dan Penghargaan dari GMB
Penulis: Aris Ninu
Editor: Ferry Ndoen


Berita Lainnya