Berita
MUSEUM ZOOLOGI MENGIKUTI INDONESIA MUSEUM AWARDS TAHUN 2019

Ditulis tanggal 14 Okt 2019 08:58:59


 
          Baru pertama kali Museum Zoologi Frater M. Vianney,BHK diundang mengikuti event Apresiasi Anugerah Purwakalagrha di Auditorium Perpustakaan Nasional di Jakarta Pusat pada tanggal 13 Oktober 2019. Ajang kegiatan yang bergengsi ini diselenggarakan tahun ke-8 dengan tema: "Museum as a Cultural Hubs: the Future of Tradition.
          Menurut Ketua Panitia IMA, Ibu C. Musiana Yudhawasthi, M.Hum, ketua Museum Universitas seluruh Indonesia dan Pengurus Komunitas Jelajah Museum Indonesia bahwa tema yang di angkat diatas adalah juga tema dari International Council of Museum (ICOM) untuk perayaan Hari Museum Internasional tahun 2019, di Indonesia diperingati tanggal 12 Oktober 2019 sebagai hari Museum.
          Indonesia Museum Awards ( IMA) memberikan penghargaan terhadap pengelola museum dan tokoh permuseuman di tanah air Indonesia. Kegiatan ini digagas oleh Komunitas Jelajah Museum Indonesia yang memiliki kepedulian tinggi terhadap pendidikan dan penelitian khususnya menyangkut sejarah dan permuseuman di Indonesia bahkan dunia.
          Perhelatan ini dilaksanakan pertama kali tahun 2012 ajang ini telah menjadi barometer perkembangan permuseuman di Indonesia. IMA tahun 2019 memberikan apresiasi anugrah purwakalagrha kepada beberapa museum.
Hadir dalam kegiatan ini dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Pariwisata. Ketua Asosiasi Museum Nasional dan Daerah dan direktur/kepala dan perwakilan Museum seluruh Indonesia.
          Dewan juri dari berbagai kalangan yang terdiri dari para tokoh dengan integritas tinggi, kompeten dan sangat konsen terhadap permuseuman di Indonesia.
Mereka adalah Prof. Dr. Nuryanti Wiendu, M.Arch.,pH.D. Guru Besar UGM dan ketua pakar permuseuman. Prof. Dr. Ir. Indroyono Soesilo, M.Sc. Samuel Wattimena, Anggit Hernowo dan Yuliandre Darwis, Ph.D.
          Menurut Prof. Wiendu, guru besar UGM bahwa kunjungan dan pembelajaran di Museum hendaknya menjadi gaya hidup masyarakat. Menurut Prof. Sulistyo B., Ph.D guru Besar UI, sebagai dewan pembina Museum (IMA) bahwa hendaknya Museum di jadikan bagian dari proses Pendidikan Karakter dan Museum juga dicintai masyarakat dan terus meningkatkan kunjungan pada Museum. Jumlah Museum di Indonesia yang terdaftar di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebanyak 485 Museum.
          Kriteria penilaian kategori Indonesia Museum Awards tahun 2019 meliputi: Museum Cerdas, Museum Lestari, Museum Bersahabat, Museum Unik, Media Peduli Museum, dan Pengabdian Sepanjang Hayat.
          Nominasi Museum cerdas diraih oleh Museum IMERI FKUI Jakarta. Museum Lestari diraih oleh Museum Goedang Ransoem Sawahlunto Sumatera Barat. Museum Bersahabat diraih oleh: The Blancon Renainssance Museum dari Bali. Museum Unik diraih oleh Museum Patung Burung Univ.Udayana Bali. Media Peduli Museum diraih oleh: detik.com. Penghargaan khusus Pengabdian Sepanjang Hayat adalah Prof. Toeti Heraty Noerhadi Rosseno, berusia 85 tahun guru besar UI. Pendiri Galery Rumah Museum Jakarta. Serta Artis yang mewakili kaum Milenial yang peduli dan pencinta Museum yang mendapat Apresiasi adalah Olivia Saliyanti.

.....Salam Museum dihatiku...


Berita Lainnya